Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Strategi Teams Games Tournament(TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 62 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut :, 1) hasil belajar IPA pada kelas kontrol (VB) dengan menggunakan Tanpa Strategi diperoleh rata-rata post test 74,19. 2) hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (VA) dengan menggunakan Strategi Teams Games Tournament(TGT) diperoleh rata-rata post test 84,84. 3) berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh Strategi Teams Games Tournament(TGT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,680 > 2,000 (n=31) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Pasar VII Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.