Penerapan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas ix-9 di mts n 2 Deli Serdang

Main Author: Sitompul, Rian Budiarto
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4555/1/RIAN%20BUDIARTO%20SITOMPUL.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4555/
Daftar Isi:
  • Komunikasi interpersonal adalah pertemuan antara dua orang atau lebih dalam proses pertukaran informasi dari pengirim pesan dengan tujuan mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang yang bersifat dialogis yaitu berupa percakapan dengan melibatkan unsur pribadi secara utuh dalam penyampaian dan penerimaan pesan secara nyata dengan efek umpan balik secara langsung. Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang dilakukan secara berkelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk membahas dan mendapatkan berbagai solusi dan berbagai informasi dari narasumber dengan demikian mereka akan membuat keputusan sesuai rencana keputusan yang mereka lakukan. Fokus dalam penelitian ini adalah Komunikasi Interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-9 MTs N 2 Deli Serdang, untuk menentukan subjek penelitian peneliti menggunakan daftar Chek list sebagai acuan dalam menentukan siswa yang akan mengikuti layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Komunikasi Interpersonal siswa di kelas IX-9 setelah dilakukan bimbingan kelompok, terjadinya peningkatan secara signifikan antara kondisi dilakukan siklus I dan Siklus II. Pada siklus I peningkatan mencapai 70% dengan kategori “baik”. Pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Kata-Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal dan Bimbingan Kelompok