Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar materi energi panas dan energi bunyidi kelas IV MIS T.I AL – Musthafawiyah kota Medan tahun pelajaran 2017/ 2018
Main Author: | Tarigan, Nurhayati |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4496/1/SKRIPSI%20NURHAYATI%20BR.%20TARIGAN.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4496/ |
Daftar Isi:
- Kata-kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiry dan Pembelajaran Konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Inkuiry dan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Mis Ti Al-Musthafawiyah serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiry dan pembelajaran Konvensional pada materi Energi Panas dan Energi Bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV Mis Ti Al-Musthafawiyah yang berjumlah 50 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes, yaitu Pre Tes (Tes Awal) dan Post Tes (Tes Hasil Belajar). Teknik Analisis data dilakukan dengan Analisis Varian (ANAVA). Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh Metode Inkuiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Ti Al-Musthafawiyah Kota Medan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Inkuiry memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 1,825) Terdapat pengaruh Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Ti Al-Musthafawiyah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 1,730) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Inkuiry dengan yang diajar dengan pembelajaran Konvensional dimana hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiry lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional.