Pengaruh strategi quantum teaching terhadap hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di kelas IV MIS Aisyah wilayah SUMUT Desa Bandar Khalifah Kec. Percut Sei Tuan kab.Deli Serdang tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Nasution, Khairina Anggita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4495/1/SKRIPSI%20KHAIR-converted.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4495/
Daftar Isi:
  • Kata-kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Quantum Teaching Pembelajaran Konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Aisyiyah serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching dan pembelajaran Konvensional pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV Mis Aisyiyah yang berjumlah 55 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes, yaitu Pre Tes (Tes Awal) dan Post Tes (Tes Hasil Belajar). Teknik Analisis data dilakukan dengan Analisis Varian (ANAVA). Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Aisyiyiyah Wilayah Sumut dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Quantum Teaching memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 82,20. 2) Terdapat pengaruh Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Aisyiyah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 76,68. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching dengan yang diajar dengan pembelajaran Konvensional dimana hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional.