Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN Sumatera Utara Medan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Diskrit

Main Author: Andhany, Ella
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4463/1/LAPORAN%20PENELITIAN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4463/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN SU Medan dalam menyelesaikan soal cerita matematika diskrit. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN SU Medan yang mengikuti matakuliah Matematika Diskrit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah Tes Kemampuan Literasi Matematis dan Pedoman Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan literasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita terbagi menjadi dua kategori yaitu: (1) Kelompok kemampuan literasi yang baik, (2) Kelompok kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik; 2) Kemampuan literasi matematis yang baik adalah apabila dalam penyelesaian mahasiswa tampak 2 atau 3 indikator kemampuan literasi matematik, sedangkan kemampuan literasi matematis yang kurang baik adalah apabila dalam penyelesaian mahasiswa hanya tampak 1 atau sama sekali tidak ada indikator kemampuan literasi matematis; 3) Kemampuan literasi matematis mahasiswa FITK UIN SU Medan dalam menyelesaikan soal cerita matematika diskrit masih rendah.