Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MAS Proyek Univa Medan

Main Author: Herriyan, Argi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4339/1/ARGI%20HERRIYAN%20%28TESIS%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4339/
Daftar Isi:
  • Pendidik sebagai sosok sentral dalam proses pembelajaran tidak mampu menampilkan akhlak yang diidealkan oleh pihak madrasah hingga berdampak pada proses pembinaan akhlak peserta didik yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru/pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Proyek UNIVA Medan, untuk menganalisis pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) proyek UNIVA Medan, untuk menganalisis metode pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) proyek UNIVA Medan. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana seorang pendidik melakukan pembinaan terhadap akhlak peserta didik di MAS Proyek UNIVA Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik simpulan: 1. Kompetensi kepribadian pendidik PAI yang diteliti mencakup perilaku jujur, tegas, keteladanan dan menghargai peserta didik tergolong baik. 2. Akhlak peserta didik di MAS Proyek UNIVA Medan meliputi aspek kejujuran, sikap amanah, percaya diri, gemar mengucapkan salam, sedekah dan mampu bergaul secara baik dengan teman tergolong buruk. 3. Proses pembinaan akhlak peserta didik yang dilakukan oleh pendidik untuk memunculkan sikap peserta didik yang baik dinilai kurang maksimal dalam hal pengawasan. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Pendidik, Akhlak Peserta Didik, Metode Pembinaan Akhlak.