Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung

Main Author: Nasution, Dewi Yunita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4325/1/SKRIPSI%20DEWI%20YUNITA%20NASUTION.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4325/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VII yang berjumlah dua kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas VII A ( kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional) dan kelas VII B (kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal essay test. Soal tersebut telah disesuaikan dengan indikator hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji ANAVA dan hasil yang diperoleh dalam ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) berdasarkan uji normalitas liliefors didapat hasil belajar pada pembelajaran NHT adalah Lhitung = 0,107 sedangkan dari daftar uji liliefors pada taraf nyata maka diperoleh harga Ltabel = 0,140. Sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel atau yang berarti data hasil belajar siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) berdasarkan uji homogenitas diperoleh hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari berdistribusi yang homogen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = -65,009 dan Ftabel = -3,960. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika Fhitung > Ftabel. Dalam penelitian ini dipeoleh Fhitung < ttabel atau -65,009 < -3,960, dengan demikian tolak Ho dan terima Ha, berarti terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Cerdas Murni Tembung.