Persepsi Guru Pembimbing Terhadap Maladjustment Pada Siswa Di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Main Author: Syahfitri, Amidah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4315/1/amidah%20syahfitri%20%2833143064%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4315/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang persepsi guru pembimbing terhadap maladjustment pada siswa di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembungdari segi pelaksanaannya, serta penyebab maladjustment pada siswa. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru pembimbing dan kesiswaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari tiga sumber, yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru pembimbing terhadap maladjustment pada siswa di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung, dapat dikatakan kurang percaya diri terhadap penampilan diri sendiri, saling mengejek di sosial media, ketidaksesuaian terhadap penampilan diri sendiri terhadap lingkungan sekolah, suka menyendiri sehingga tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Adapun penyebab maladjustment pada siswa di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung adalah kurangnya kasih sayang orang tua siswa, adanya kecacatan pada fisik, terjadinya kecemasan terus menerus sehingga siswa tersebut lebih baik memendam masalahnya daripada menceritakan masalahnya kepada orang terdekat