Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018
Main Author: | Zahara, Khairin |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4293/1/Skripsi%20Zahara.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4293/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 210 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-IPA 3 sebagai kelas eksperimenyang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan kelas X-IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk lembar tes dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XSMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018 dengan sub materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Hal ini ditunjukkan olehhasil uji hipotesis dimana diperoleh nilai thitungposttest sebesar 2,368 dan ttabel 1,9964 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,368 > 1,9964.