Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau

Main Author: Lestari, Ayu
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4289/1/ABSTRAK-1.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4289/
ctrlnum 4289
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/4289/</relation><title>Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan&#xD; Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau</title><creator>Lestari, Ayu</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika di kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 3 kelas. Sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas yaitu kelas VII-A yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika adalah tes yang berbentuk soal uraian yang sudah divalidasikan berjumlah 5 soal, reliabilitas 0,702 dengan tingkat reliabilitas tinggi.&#xD; Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar strategi kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika; (2) Hasil belajar siswa berkemampuan penalaran induktif maupun berkemampuan deduktif yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika.&#xD; Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif maupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)</description><date>2018</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/4289/1/ABSTRAK-1.pdf</identifier><identifier> Lestari, Ayu (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan. </identifier><recordID>4289</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lestari, Ayu
title Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau
publishDate 2018
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url http://repository.uinsu.ac.id/4289/1/ABSTRAK-1.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4289/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika di kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 3 kelas. Sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas yaitu kelas VII-A yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika adalah tes yang berbentuk soal uraian yang sudah divalidasikan berjumlah 5 soal, reliabilitas 0,702 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar strategi kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika; (2) Hasil belajar siswa berkemampuan penalaran induktif maupun berkemampuan deduktif yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif maupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
id IOS2781.4289
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2019-05-05T04:45:21Z
last_indexed 2019-05-05T04:45:21Z
recordtype dc
_version_ 1765850852171448320
score 17.538404