Peran Guru Dalam Menanamkan Akhlak Di Kelompok B Ra As-Sa’adah Medan Area Selatan Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Hutagalung, Ahmad Ichsan Yafi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4287/1/Ahmad%20Ichsan%20Yafi%20Htg..pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4287/
Daftar Isi:
  • Akhlak merupakan sikap atau nilai-nilai yang tertanam di dalam jiwa, sehingga menjadi keadaan jiwa dan mendorong seseorang untuk menampilkan suatu perilaku secara spontan. Dalam proses pembentukan akhlak, ada yang sudah terbentuk sejak awal kehidupan manusia, dan adapula yang terbentuk melalui upaya manusia melalui proses perkembangan, meskipun demikian baik dalam konteks pertama atau kedua, akhlak yang baik tetap bisa dididikkan kedalam diri manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan akhlak di kelompok B RA As-Sa’adah dengan permasalahan dan cara penyelesaiannya. Perolehan data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawacara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA As-Sa’adah Medan Area Selatan dengan jumlah anak sebanyak 32 orang, dan sumber data lainnya adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua anak. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Keadaan akhlak di kelompok B RA As-Sa’adah sudah berkembang sesuai harapan, 2) Peran guru dalam menanamkan akhlak di kelompok B RA As-Sa’adah berupa keteladanan, pembiasaan, bernyanyi, bercerita, dan teguran, 3) Faktor pendukung peran guru dalam menanamkan akhlak adalah faktor inteligensi dan faktor keluarga, dan faktor penghambat peran guru dalam menanamkan akhlak adalah kurangnya konsentrasi/penalaran dan egosentris anak.