Peranan Guru Bk Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Di Man Lubuk Pakam
Main Author: | Fitriana, Fitriana |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4286/1/skripsi%20lengkap.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4286/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu informan kunci dan informan non kunci. Teknik pengumpulan data ini menggunakan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah 1. Bagaimana kondisi kepercayaan diri siswa di MAN Lubuk Pakam, 2. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpercayaan diri siswa di MAN Lubuk Pakam , 3. Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MAN Lubuk Pakam, 4. Bagaimana Peranan Guru BK dalam membangun kepercayaan diri siswa di MAN Lubuk Pakam. Layanan bimbingan kelompok penting dilaksanakan disekolah karena sesuai dengan berbagai kebutuhan siswa sendiri seperti mengembangkan dan mendorong kepercayaan diri siswa. Sesuai dengan tujuan layanan bimbingan kelompok yakni mendorong siswa agar memiliki keberanian menyampaikan pendapatnya yang kemudian menghantarkan siswa mencapai keberhasilan belajar.