Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di madrasah aliyah laboratorium UIN SU tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Siregar, Amrizayani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4265/1/Skripsi%20Amrizayani%20Siregar.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4265/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Al-qur‟an Hadits. Peneliti ini bertujuan untuk bagaimana menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Al-qur‟an Hadits di MA Laboratorium UIN SU Medan. Metode yang di gunakan adalah kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan studi dokumen. Langkah menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan peneliti ini yaitu: (1) Penerapan Pendekatan Saintifik Pelajaran Al-Qur‟an Hadits di MA Laboratorium UIN SU Medan, secara garis besar pada tahap-tahap pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, mengkomunikasikan sudah terlaksana sepenuhnya dengan baik. Akan tetapi hanya sedikit yang belum efesien dalam proses pembelajaran:a.Tahap Mengamati:peserta didik telah mengikuti proses pengamatan yang telah disampaikan oleh guru. b. Menanya: peserta didik telah mengikuti proses bertanya kepada guru, setelah mereka mengamati maka peserta didik membuat pertanyaan kepada guru. c. Mengumpulkan Informasi: dalam tahap ini peseta didik juga telah menggali informasi dari berbagai cara untuk mendapatkannya. d. Tahap Mengasosiasikan: dalam tahap ini peserta didik telah mengungkapkan ide-ide mereka untuk menjawab pertanyaan dari kelompok lain, e.Tahap Mengkomunikasikan:dalam tahap ini pendidik kurang efesien menyampaikan materi pembelajaran, sehingga peserta didik masih ada yang malu atau pun kurang berani untuk menyimpulkan materi mereka.