Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berbantu Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di MTs Al-Jihad KerasaanKabupaten Simalungun

Main Author: Nurhalimah, Siti
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4239/1/Skripsi%20Siti%20Nurhalimah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4239/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung pada materi bilangan bulat, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media pembelajaran visual pada materi bilangan bulat, 3) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)berbantu media pembelajaran visual pada materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al –Jihad Kerasaan yang berjumlah 4 kelas dan sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa dan VII-3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran visual dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 20 buir soal. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media pembelajaran visual diperoleh rata-rata 70,532 dan standar deviasi 11,621 dan kelas yang diajar dengan pembelajaran langsung diperoleh rata-rata 63,404 dan standar deviasi 8,729. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan thitung> ttabel atau 3,362 > 1,987 sekaligus uji ANAVA Satu Jalur diperoleh Fhitung> Ftabel atau 53,123 > 3,936 maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu media pembelajaran visual memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap haasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Al –Jihad Kerasaan Kabupaten Simalungun.