Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dengan Produktivitas Kerja Guru Di MTs N Tanah Jawa Kabupaten Simalungun

Main Author: Dewi, Sumitra
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4236/1/SKRIPSI%20DEWI%20FULL%20LENGKAP.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4236/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah di MTs N Tanah Jawa Kabupaten Simalungun; 2) produktivitas kerja guru yang ada di MTs N Tanah Jawa Kabupaten Simalungun; 3) Hubungan yang signifikan antara kepemimpinan Partisipatif kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru yang di di MTs N Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi 30 guru dan memiliki sampel 30 guru. Adapun instrumen pengumpulan data adalah dengan angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Metode penelitian korelasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hitung variabel kepemimpianan sebesar 90.30% dan produktivitas kerja sebesar 103.17%. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan kepemimpinan transformasional berhubungan sangat kuat dan secara signifikan dengan produktivitas kerja guru di MTS N Tanah Jawa Kabupaten Simalungun dengan hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan sangat kuat dan signifikan antara Kepemimpinan Transformasional (X) dengan Produktivitas Kerja (Y), hal ini ditandai dengan sumbangan efektifnya sebesar 1,000%. Sedangakan nilai signifikansi hubungan keduanya (Kepemimpinan Transformasional terhadap Produktivitas Kerja ) dapat dilihat melalui uji ‘t”. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 5,023 sedangkan nilai t tabel = 2,048. Oleh karena t hitung (5,757) > t tabel (2,048), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara variabel Kepemimpinan transformasional dengan produktivitas kerja dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis korelasi Ŷ = 93,420 + 0,108X, persamaan garis korelasi ini menjelaskan bahwa jika faktor Kepemimpinan Transformasional meningkat sebesar satu unit maka Produktivitas Kerja juga akan meningkat sebesar 0,108 + 93,420 = 93,528 satuan. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berhubungan dengan produktivitas kerja guru. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peningkatan produktivitas kerja guru dapat dilakukan dengan kepemimpinan transformasional yang dibawakan kepala sekolah.