Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Di SMA Negeri 16 Medan
Main Author: | Barat, Harliani |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4161/1/Skripsi%20Hariliani.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4161/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 16 Medan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan belajar siswa 2) Pelaksanaan bimbingan dan konseling, serta 3) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa SMA Negeri 16 Medan. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK yang telah melakukan berbagai upaya berkaitan dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap upaya guru BK dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa SMA Negeri 16 Medan. Analisis data menggunakan tiga tahapan proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1)kemampuan siswa dalam belajar sudah tergolong baik, hal itu terlihat ketika mereka bisa belajar dengan baik dan memperoleh nilai yang baik juga, 2)pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 16 Medan tergolong bagus karena memiliki lima guru BK yang masing-masingnya mempunyai siswa asuh dan memiliki latar belakang pendidikan bimbingan dan konseling, 3) upaya yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa adalah dengan menumbuhkan motivasi belajarnya, menumbuhkan rasa percaya dirinya, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, memberikan layanan yang dapat menumbuhkan semangat belajarnya, mendisiplinkan siswa, serta memberikan berbagai game yang berkaitan dengan pelajaran.