Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Materi Mengenal Lambang Bilangan Romawi Di Kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2017/2018
Main Author: | Sarah, Siti |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4122/1/SKRIPSI%20SITI%20SARAH.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4122/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran melalui: (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. (2) Penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-3 SD IT Al-Hidayah yang terdiri dari 34 siswa, 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil sebelum menerapkan model pembelajaran make a match di peroleh nilai rata-rata 50,75 artinya bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 7 siswa yang tingkat persentasenya 20,58% saja. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 65 yang artinya adalah 19 orang siswa dinyatakan tuntas dengan tingkat persentase ketuntasan klasikal 55,88%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,52 berarti ada 31 dari 34 siswa hanya 3 siswa yang tingkat persentasenya 8,82% saja. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengenal lambang bilangan romawi di kelas IV SD IT Al-Hidayah Kecamatan Medan Tembung.