Implementasi Program Kerja Panti Asuhan Puteri ‘Aisyiyah Dalam Pembentukan Karakter Kemandirian Anak Asuh
Main Author: | Hasibuan, Khoirotul Bariyah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4119/1/Skripsi%20Khoirotul%20Bariyah%20hsb.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4119/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Program Kerja Panti Asuhan Puteri ‘Aisyiyah Kota Medan Dalam Pembentukan Karakter Kemandirian Anak Asuhnya. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Puteri ‘Aisyiyah Daerah Kota Medan. Temuan penelitian ini sebagai berikut (1) Program kerja dalam pembentukan karakter kemandirian anak asuh adalah dengan menyelenggarakan pendidikan Formal dan Pendidikan Informal, (2) Pelaksanaan pembentukan karakter kemandirian anak asuh adalah memberikan peraturan, kegiatan-kegiatan rutin setiap harinya. (3) Faktor penghambat dalam pembentukan karakter kemandirian anak asuh antara lain antara lain: kepribadian serta latar belakang anak asuh yang berbeda-beda, latar belakang usia anak asuh, faktor lingkungan atau pergaulan, dan adanya pengaruh lingkungan luar. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan kemandiriann anak asuh adalah: pola asuh, tersedianya tempat atau asrama, adanya pengasuh dan anak asuh, tersedianya dana yang memadai, adanya sarana yang menunjang, pola makan yang teratur dan bergizi. Untuk menjalankan sebuah strategi perlu peran petugas panti asuhan puteri ‘Aisyiyah untuk melancarkan program yang dilaksanakan, dan juga setiap program yang akan dijalankan perlu adanya petugas yang bertanggung jawab, mengawasi, memantau disiplin aktivitas keseluruhan anak asuh agar lebih terorganisir dan dapat menghasilkan tujuan dari pembentukan karakter kemandirian anak asuh.