Pengaruh Model Problem Based Instruction (Pbi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kelas IX MTs Muallimin Univa Medan T.P 2017/2018

Main Author: Khairi, Nidaul Husna
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/4071/1/Nidaul%20Husna%20Khairi%20%28PMM-1%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/4071/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Problem Based Instruction di kelas IX MTs Muallimin UNIVA Medan. (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode penugasan di kelas IX MTs Muallimin UNIVA Medan. (3) Pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IX MTs Muallimin UNIVA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan sttistik inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IX+A (kelas eksperimen) sebanyak 26 siswa dan kelas IX+B (kelas kontrol) sebanyak 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil temuan menunjukkan: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Problem Based Instruction di kelas IX MTs Muallimin UNIVA Medan memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,96 dengan standar deviasi sebesar 11,91. (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode penugasan di kelas IX MTs Muallimin UNIVA Medan memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,65 dengan standar deviasi sebesar 8,40. (3) Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh dengan pada taraf kesalahan dimana yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IX MTs Muallimin UNIVA Medan