Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Yanti, Leli |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4065/1/SKRIPSI%20PDF%20%28BAB%201-5%2C%20Lampiran%29.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4065/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jihad Medan yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa di kelas VIII^1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas VIII^2 sebagai kelas kontrol. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh rata-rata 85,7 dan standar deviasi 7,5 dan kelas yang diajar dengan pembelajaran ekspositori diperoleh rata-rata 68,16 dan standar deviasi 8,403. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan t_hitung>t_tabel atau 12,0589 > 2,001, maka H_0 ditolak dan H_a diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.