Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas V MIS Hidayatussalam
Main Author: | Rosiandi, Diki |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4032/1/SKRIPSI%20FULL%20DIKI%20ROSIANDI%20NIM.%2036143089.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4032/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Hidayatussalam pada materi Sifat-sifat Bagun Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan yang di jadikan sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 2 kelas. Kelas eksperimen di ajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Istrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda. Hasil temuan menunjukan: (1) Nilai rata-rata post tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 64,634 dan 43,181. (2) Hasil uji hipotesis t diperoleh harga t_hitung>t_tabel yaitu 9,624 > 2,000, sehingga berdasarkan kriteria pengujian H_0 ditolak. Jadi dapat diketahui bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIS Hidayatussalam.