Peran guru bk dalam mengembangkan responsibilitas siswa melalui layanan konseling individu di Man Pematang Bandar Kabupaten Simalungun

Main Author: Rani, Dwi Ulfa
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3920/1/Skripdwiulfarani.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3920/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan layanan konseling individu di MAN Pematang Bandar (2) Responsibilitas siswa di MAN Pematang Bandar (3) Peran guru BK dalam mengembangkan responsibilitas siswa melalui layanan konseling individu di MAN Pematang Bandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dibagi ke dalam tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Subjek penelitian data dari guru pembimbing dan siswa kelas XI IIS-2 MAN Pematang Bandar. Dari penelitian tersebut dihasilkan temuan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan layanan konseling individu di MAN Pematang Bandar belum efektif. Karena ruangan bimbingan dan konseling masih bergabung dengan ruangan UKS, sehingga anak-anak masih sungkan untuk bercerita. (2) Responsibilitas siswa di sekolah pada tahun ini sangat menurun, siswa lebih mementingkan dirinya sendiri. Siswa menganggap sekolah hanya datang, duduk, diam, dan tidak memperdulikan tanggung jawabnya sebagai seorang siswa. (3) Guru bimbingan konseling sangat berperan di sekolah ini dalam mengembangkan responsibilitas siswa, yaitu dengan melalui layanan konseling individu. Layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling melalui beberapa tahapan. Yaitu tahap pemanggilan, tidak lanjut, dan evaluasi.