Hubungan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri 27 Medan

Main Author: Harahap, Ramisah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3824/1/skripsi%20PDF.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3824/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah di SMP Negeri 27 Medan, 2) Kinerja Guru di SMP Negeri 27 Medan, 3) Hubungan antara Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 27 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif populasi 71 guru dan memiliki sampel 42. Adapun instrumen pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin dengan batas toleransi 10%. Metode penelitian korelasional bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hitung variabel Kepemimpinan Situasional sebesar 69,07% dan Kinerja Guru sebesar 60,29%. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan Kepemimpinan Situasional (X) berhubungan sangat kuat dan secara signifikan dengan Kinerja Guru (Y) di SMP Negeri 27 Medan, hal ini ditandai dengan hasil analisis hipotesis dengan sumbangan efektifnya sebesar 1,000%. Sedangkan nilai signifikansi hubungan keduanya (Kepemimpinan Situasional dengan Kinerja Guru) dapat dilhat melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 5,381 sedangkan nilai t tabel = 2,021. Oleh karena t hitung (5,381) > t tabel (2,021), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara variabel Kepemimpinan Situasional dengan Kinerja Guru dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis korelasi Ŷ = 68,592 + 0,120X1, persamaan garis korelasi ini menjelaskan bahwa jika faktor Kepemimpinan Situasional meningkat sebesar satu unit maka Kinerja Guru juga akan meningkat sebesar 0,120 + 68,592 = 93,528 satuan. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa Kepemimpinan Situasional kepala sekolah berhubungan dengan Kinerja Guru. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peningkatan Kinerja Guru dapat dilakukan dengan Kepemimpinan Situasional yang dibawakan kepala sekolah.