Daftar Isi:
  • Penelitian bentuk kualitatif ini dengan judul peranan guru bidang studi Akidah Akhlak dalam mengendalikan kenakalan siswa di MTs Al Manar Medan Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan: 1). Bentuk-bentuk kenakalan siswa di MTs Al Manar Medan, 2). Upaya guru bidang studi Akidah akhlak mengendalikan kenakalan siswa di MTs Al Manar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif untuk menemukan dan menggambarkan peranan guru bidang studi Akidah Akhlak dalam mengendalikan kenakalan siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumenatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa. 1. Bentuk-bentuk kenakalan siswa MTs Al Manar adalah merokok, melawan guru, cara berpakaian yang melanggar peraturan sekolah, bertengkar di kelas ketika guru sedang mengajar, pacaran, tidak hadir tanpa keterangan. Adapun faktor-faktor penyebab kenakalan siswa MTs Al Manar Medan, faktor keluarga, lingkungan, dan sekolah 2 Upaya yang di lakukan guru bidang studi Akidah Akhlak mengendalikan Kenakalan siswa di MTs Al Manar, melalui Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru bidang Akidah Akhlak di MTs dengan cara memotivasi,membimbing, mengawasi siswa di MTs Al-Manar dan mengusulkan program-program kegiatan yang riil baik dalam bentuk material maupun spiritual kepada kepala sekolah, Program-program tersebut diantaranya: a. Mengadakan membaca Alquran sesudah pulang sekolah. b. Pesantren kilat setiap bulan Ramadhan. c. Memperingati hari besar agama Islam. d. Membiasakan berinfak setiap hari Jumat.