Pengaruh teknologi informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah bank syariah mandiri cabang Medan Aksara
Main Author: | Harahap, Dewi Berlian |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/3462/1/skipsi.pdf http://repository.uinsu.ac.id/3462/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan kualitas layanan pada Bank Syariah Mandiri KC Medan Aksara dan untuk mengetahui Bank Syariah Mandiri berperan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KC Medan Aksara. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Mandiri KC Medan Aksara pada pengguna e-channel sebanyak 92 responden. Instrument pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner, untuk variabel teknologi informasi 6 item pernyataan dan untuk variabel kualitas pelayanan 10 item pernyataan, serta untuk variabel kepuasan nasabah 6 item pernyataan, semua pernyataan reliabel. Dan untuk data sekunder yang diperoleh berupa data yang berkaitan dengan penggunaan e channel banking dan standar operasional pelayanan pada bagian costumer service. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji autokorelasi, uji multikoleniaritas, uji heterokedastisitas, uji determinan, uji t dan uji f dengan bantuan SPSS versi 15.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa teknologi informasi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Tingkat signifikan dari teknologi informasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai > 7,302 > 1,986. Tingkat signifikan dari kualitas layanan sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai > 3,199 > 1,986. Dari uji determinasi diketahui bahwa besarnya presentase pengaruh variabel teknologi informasi dan kualitas layanan terhadap variabel kepuasan nasabah sebesar 0,616 atau 61,6%. Artinya pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 61,6%, sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain.