Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode brainstorming pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di kelas x madrasah aliyah 1 Stabat tahun ajaran 2016-2017

Main Author: Zulfikar, Muhammad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3454/1/SKRIPSI%20MUHAMMAD%20ZULFIKAR.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3454/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Pembelajaran Agama melalui metode Brainstorming. (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Brainstorming pada siswa kelas X MAN 1 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Stabat Kab. Langkat yang berjumlah 30 Orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih dengan menggunakan metodel Brainstorming materi Jual Beli. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) meningkatnya nilai rata-rata kelas pada saat tes awal sebesar 64,33 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 33,37%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 53,33% dan siklus II nilai rata-rata sebesar 80,66 dengan tingkat ketuntasan belajar 90,00%. (3) meningkatnya hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.