Upaya meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di tk nurul ihsan ilmi Medan Tembung

Main Author: Harahap, Ita Melina Sari
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3433/1/SKRIPSI%20%20ITA%20MELINA%20SARI%20HARAHAP%20NIM%2038%2013%203%20008.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3433/
Daftar Isi:
  • Perkembangan moral dalam metode dan bercerita anak kelompok B TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung kurang maksimal, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kengiatan metode bercerita di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung dalam perkembangan moral anakUsia 5-6 Tahun. Dengan masalah sebangai berikut pertama bangaimana perkembangan moral anak sebelum menggunakan metode bercerita, kedua bangai mana proses pelaksanaan metode bercerita ketiga apakah dengan metode bercerita dapat meningkatkan perkembangan moral anak. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkam melalui metode bercerita di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung. Penelitian tindakan kelas di lakukan di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung. Kec Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pengambilan data melalui tehnik pengumpulan data dan tehnik analisis data. Indikatornya adalah sebangai berikut: meningkatkan perkembangan moral melalui metode bercerita anak lebih 70 %. Data analisis data penulis siklus I diperoleh hasil perkembangan moral anak melalui metodee bercerita adalah 53,37 % dengan kategori belum berkembang. Kemudian dilakukan perbaikan kesiklus II dan hasil penelitiannya meningkat 86,75%.