Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan problem posing pada pokok bahasan bangun datar di kelas vii mts laboratorium UIN SU Medan t.a 2016/2017
Main Author: | Nasution, Azlina Rosa |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/3409/1/azlina%20rosa.pdf http://repository.uinsu.ac.id/3409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model pembelajaran Inkuiri Dengan Problem Posing Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas VII MTs Laboratorium UIN SU Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Laboratorium UIN SU Medan T.A 2016/2017 yan berjumlah 80 siswa. Yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-A 40 siswa dan kelas VII- B 40 siswa, pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil temuan dengan menggunakan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dikelas VII-A MTs Laboratorium UIN SU pada materi Bangun Datar yang diberi perlakuan pos- tes nilai rata- rata siswa sebesar 64,77 ; 2). Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing di kelas VII-B MTs Laboratorium UIN SU pada materi Bangun Datar yang diberikan perlakuan pos – tes nilai rata- rata siswa sebesar 66.17 ; 3). Tidak terdapat perebedaan Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan Problem Posing pada siswa kelas VII-A dan VII-B MTs Laboratorium UIN SU Medan T.A 2016/2017. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa Tidak terdapat perbedaan Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri dengan pembelajaran problem posing pada materi Bangun datar di kelas VII MTs Laboratorium UIN SU T.A 2016/2017.