Upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ips materi proklamasi kemerdekaan indonesia dengan menggunakan strategi jigsaw pada kelas v di mis Hidayatussalam Desa Bandar Khalifah kec. Percut Sei Tuan t.a. 2016/2017

Main Author: Nasution, Dina Salmina
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3371/1/DINA%20SALMINA%20NASUTION.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3371/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Hidayatussalam yang siswanya berjumah 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. (3) Terjadi atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi jigsaw. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan tergolong tinggi. (2) Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan mengunakan strategi jigsaw. (3) Respon siswa selama menerapkan strategi jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah positif, di mana siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pre test presentase ketuntasan sebesar 20% meningkat ke post-test siklus I menjadi 36,67% dan ketika dilaksanakan post-test siklus II terjadi peningkatan dengan presentase ketuntasan sebesar 86,67%. Dengan demikian, penerapan strategi jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.