Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kreativitas siswa pada materi kubus dan balok di kelas viii mtsn 1 Medan tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Ritonga, Yuldina Husna
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3350/1/YULDINA%20HUSNA%20RITONGA%20FITK%20PMM%2035134206.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3350/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kreativitas siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTsN 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 401 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan rumus Taro Yamane dengan jumlah sampel 200 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang berjumlah 40 butir pernyataan, diantaranya 36 butir yang valid dan 4 butir yang tidak valid. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara variabel model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan variabel kreativitas siswa dengan koefisien korelasi 0,655. Berdasarkan perhitungan statistik uji-t diperoleh thitung < ttabel dengan angka 1,378 < 1,966, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kreativitas siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTsN 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.