Perbedaan kemampuan komunikasi matematika menggunakan metode pembelajaran talking stick dan talking chips pada siswa kelas vii mts Miftahussalam Medan

Main Author: Melani, Riska
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3345/1/RISKA%20MELANI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3345/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dan Talking Chips pada siswa kelas VII MTs Miftahussalam Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftahussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas, dan yang dijadikan sampel yaitu 2 kelas yakni kelas VIIB sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 46 siswa dan total sampel keseluruhan adalah 92. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil temuan dalam penelitian ini menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 x 2 menunjukkan: (1) Hipotesis pertama dalam penelitian ini membuktikan bahwa Secara keseluruhan metode pembelajaran Talking Stick lebih baik daripada metode pembelajaran Talking Chips terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,661 dengan Ftabel pada taraf . Nilai Fhitung > Ftabel, ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.. (2) Hipotesis kedua menunjukkan bahwa bagi siswa yang berkemampuan tinggi tidak terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Talking Stick maupun Talking Chips diperoleh nilai dari Fhitung = 0,179 sedangkan nilai Ftabel pada taraf . Nilai Fhitung < Ftabel ini berarti menerima H0 dan menolak Ha. (3) Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa bagi siswa yang berkemampuan rendah tidak terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Talking Stick maupun Talking Chips diperoleh nilai dari Fhitung = 0,015 sedangkan nilai Ftabel pada taraf . Nilai Fhitung < Ftabel berarti menerima H0 dan menolah Ha. (4) Hipotesis keempat menunjukkan bahwa Secara keseluruhan tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi segitiga di kelas VII MTs Miftahussalam Medan.