Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas viii mts Al-Washliyah Tembung

Main Author: Pasaribu, Kurnia Arifah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3324/1/SKRIPSI%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3324/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajran ekspositori di kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 berjumlah 43 siswa sebagai kelas kontrol. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung yang diajar dengan pendekatan matematika realistik pada materi pokok kubus dan balok tetapi tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t kedua pembelajaran yang menunjukkan thiung > ttabel atau 1,354 > 13,31 yaitu penolakan terhadap Ha dan Ho diterima. Dengan demikian benar ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.