Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbasis mind map terhadap hasil belajar pada materi lingkaran di kelas viii. mts. Amaliyah Sunggal tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Yanti, Erfika |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/3320/1/PDF.pdf http://repository.uinsu.ac.id/3320/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Ekspositori Berbasis Mind Map terhadap hasil belajar pada materi lingkaran di kelas VIII MTs.Amaliyah Sunggal . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Amaliyah Sunggal yang berjumlah 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa tes awal dan tes hasil belajar. Dalam penelitian ini, peneliti berhasil memperoleh untuk uji normalitas pada kelas eksperimen untuk nilai pre-tes didapat harga Lhitung = 0,173 dan untuk nilai pos-tes didapat harga Lhitung = 0,123 sedangkan pada kelas kontrol untuk nilai pre-tes didapat harga Lhitung = 0,160 dan untuk nilai pos-tes Lhitung = 0,151 kemudian untuk harga kelas aksperimen adalah 0,182 dan kelas kontrol adalah 0,182 yang berarti populasi berdistribusi normal untuk uji homogenitas nilai pre-tes diperoleh Fhitung = 1,344 dan nilai pos-tes diperoleh Fhitung = 1,117 sedangkan untuk Ftabel = 2,084 yang berarti kedua sampel homogen, untuk uji hipotesis t didapat harga thitung = 1,701 dan ttabel = 1,665 Yang berarti yaitu 1,701 > 1,665 dengan demikian ditolak dan diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori berbasis mind map pada materi lingkaran di kelas VIII MTs.Amaliyah Sunggal.