Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan menggunakan alat peraga papan berpaku di kelas iv mis Hidayatussalam desa Bandar Khalifah kec. Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Solikin, Mr |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/3311/1/SOLIKIN.pdf http://repository.uinsu.ac.id/3311/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Hidayatussalam yang siswanya berjumah 41 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. (3) Terjadi atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar tergolong tinggi. (2) Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dengan mengunakan alat peraga papan berpaku. (3) Respon siswa selama menerapkan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar adalah positif, di mana siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pre test presentase ketuntasan sebesar 14,60% meningkat ke post-test siklus I menjadi 41,50% dan ketika dilaksanakan post-test siklus II terjadi peningkatan dengan presentase ketuntasan sebesar 87,80%. Dengan demikian, penerapan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.