Upaya meningkatkan sosialisasi anak melalui metode bercerita di kelas a ra fadhilah Islamic School desa bandar khalifah kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang
Main Author: | Batubara, Auliya Mahfuzha |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/3302/1/AULIYA%20MAHFUZHA%20BATUBARA%20NIM%2038133061.pdf http://repository.uinsu.ac.id/3302/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam kemampuan sosialisasi anak melalui metode bercerita di kelas A RA FADHILAH ISLAMIC SCOOL Desa Bandar Kalifah Kec. Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan berbagai masalah dan cara penyelesaiannya. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, format penilaian kemampuan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas A RA FADHILAH ISLAMIC SCOOL Desa Bandar Kalifah Kec. Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah anak 10 orang. Temuan penelitian menginformasikan, sebelum penerapan metode bercerita kemampuan sosialisasi anak dari 10 anak, 6 anak laik–laki dan 4 anak perempuan hanya 1 anak (10%) yang dapat bersosialisasi dengan baik. Setelah mengimplementasikan metode bercerita pana anak kelas A terbukti efektif dan dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi anak. Hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh sebanyak 4 (40%) anak yang belum tuntas dan 6 (60%) anak yang sudah tuntas dari 10 orang secara keseluruhan. Pada siklus II diperoleh 10 (100%) orang yang sudah tuntas. Pada penerapan metode bercerita siklus I guru mengalami kesulitan dalam pengelolaan waktu yang kurang efektif. Namum pada tindakan siklus II dilakukan maka guru semakin terampil dalam mengelola waktu dengan mempersingkat dan memilih cerita, sehingga anak tidak mudah bosan dan berpartisipasi dalam pembelajaran dan hasilnya kemampuan sosialisasi anak meningkat