Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela melalui model pembelajaran problem solving di kelas viii smp Karya Bunda ahun pembelajaran 2016/2017

Main Author: Harahap, Adelina
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3201/1/SKRIPSI%20ASLI%20OK.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3201/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menggunakan model pembelajaran problem solving di SMP Karya Bunda,prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem solving di SMP Karya Bunda, peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah penerapan model pembelajaran problem solving di SMP karya Bunda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Sampel diambil sebanyak 35 yaitu siswa kelas VIII SMP Karya Bunda. Melalui penggunaan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kalas VIII SMP Karya Bundatahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut ditunjukkan oleh perbandingan antara pree test siswa yang tuntas (8), siswa yang tidak tuntas (27), rata-rata (51,35) dengan persentase yang tuntas (22, 85%), persentase siswa yang tidak tuntas (77,14%), siklus I siswa yang tuntas (14), siswa yang tidak tuntas (21), rata-rata (61,82) dengan persentase yang tuntas (40%), persentase siswa yang tidak tuntas (60%) , siklus II siswa yang tuntas (32), yang tidak tuntas (3), rata-rata (79,2) dengan persentase yang tuntas (91,42%), persentase siswa yang tidak tuntas (8,57%).