Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa madrasah tsanawiyah al-ikhlas aek botik Tapanuli Utara

Main Author: Siagian, Melina
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3172/1/PDF%20DAN%20WORD%20MELINA%20SIAGIAN%201.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3172/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memiliki sikap kedisiplinan di Sekolah Tersebut serta kurang kepedulian terhadap Peraturan Tata Tertib di Sekolah tersebut. Sehingga siswa menjadi sering terlambat datang ke sekolah, sering keluar kelas tanpa meminta izin kepada guru yang ada di kelas ataupun guru piket yang bertugas di sekolah tersebut,. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranguh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa MTs. Al-Ikhlas Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs. Al-Iklhas Aek Botik. Instrument penelitian ini yang digunakan merupakan angket yang terdiri dari 36 aitem tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok degan keseluruhan angket sudah dikoreksi oleh dosen yang paham dengan instrument penelitian (angket) dan angket sebanyak 36 tersebut sudah di tes validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji linearitas dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa MTs. Al- Ikhlas Aek Botik. Penelitian ini memberikan makna bahwa melalui layanan bimbingan kelompok siswa dapat memiliki kedisiplinan yang baik. Kesimpulan dibuktikan melalui hasil penghitungan hipotesis yang menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 79346,2 ≥ 0,24 yang dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang ditegakkan oleh peneliti telah teruji kebenarannya. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan