Upaya meningkatkan hasil belajar melalui strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap siswa – siswa kelas vii madrasah tsanawiyah yapni lubuk pakam

Main Author: Abdullah, Mr
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3065/1/SKRIPSI%20PDF.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3065/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak. Subyek pada penelitian ini adalah siswa – siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah YAPNI Lubuk Pakam sebanyak 120 orang, dengan sampel sebanyak 20 orang siswa. Metodologi penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada tes pra siklus terlihat bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 35% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dan 65% dengan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 13 orang, (2) Pada tindakan siklus I yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran jigsaw diperoleh 15 orang siswa tuntas (75%) dan 5 orang siswa belum tuntas (25%). (3) Pada siklus II, 18 orang siswa yang tuntas (90%) dan hanya 2 orang siswa yang belum tuntas (10%). Maka, pembelajaran Akidah Akhlak dengan menerapkan strategi jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa – siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah YAPNI Lubuk Pakam.