Hubungan kemampuan guru pai dalam mengelola kelas dengan keaktifan belajar siswa pada bidang studi pai di smp pab 21 pematang johar kec. labuhan deli kab. deli serdang

Main Author: Sari, Isna
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3043/1/skripsi%20pdf.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3043/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kemampuan guru Pendidikan Agama islam dalam mengelola kelas di kelas VII dan VIII SMP PAB 21 Pematang Johar (2) untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di kelas VII dan VIII SMP PAB 21 Pematang Johar, (3) untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan keaktifan belajar siswa di kelas VII dan VIII SMP PAB 21 Pematang Johar. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Sedangkan instrument pengumpulan datanya penulis menggunakan angket tertutup.Populasi dalam penelitian ini adalah 59 siswa, dan sampelnya juga 59 siswa. Adapun metode yang digunakan adalah Angket kemudian hasilnya dianalisis dengan product moment. Hasil penelitian ini terdapat hubungan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dengan keaktifan belajar siswa dan berada pada interpretasi lemah atau rendah yakni 10,49%. Kemudian dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya tingkat signifikan antara hubungan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dengan keaktifan belajar siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang dengan hasil perhitungan thitung ≥ ttabel yaitu 19,52 ≥ 1,672. Jadi hipotesis Ha (Hipotesis alternative) yang berbunyi “hubungan kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan keaktifan belajar siswa”, diterima.