Penerapan layanan penguasaan konten melalui media mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x man kisaran tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Hardiyanti, Siti
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3039/1/Skripsi%20Siti%20Hardiyanti.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3039/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana motivasi siswa dalam belajar sebelum diberikan layanan penguasaan konten 2) Bagaimanan peningkatan motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten 3) Dan bagaimana pengaruh penerapan layanan penguasaan konten melalui media mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Di dalam pendekatan setiap siklus menggunakan model Kemmis & Taggart yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Kisaran tepatnyaa di kelass X IPS 1 yang jumlah siswanya sebanyak 31 siswa. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 11 siswa dan perempuan berjumlah 20 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara singkat. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil instrument angket yang diberikan setelah diberi tindakan siklus I 55% dan siklus II meningkat menjadi 87,09%. Jadi hasil peningkatan dari siklus I ke II sebesar 32,09%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka kesimpulan yang diperoleh adalah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkaan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten memberikan pengaruh positif dan perubahan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.