Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecanduan gadget pada siswa di madrasah tsanawiyah al-ishlahiyah binjai

Main Author: Syafira, Adinda
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/3003/1/ADINDA%20SYAFIRA%20%281%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/3003/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah kondisi dari kecanduan gadget yang dialami oleh siswa dengan subjek penelitian siswa MTs Al- Ishlahiyah Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecanduan gadget di MTs Al- Ishlahiyah Binjai. Penelitian ini menggunakan metoden kuantitatif dengan angket sebagai alat ukur yang berisi 50 butir pernyataan tentang bimbingan kelompok sebagai variabel X dan kecanduan gadget sebagai variabel Y. Secara keseluruhan angket telah diperiksa oleh dosen yang paham dengan instrumen penelitian, dan angket telah di tes validitas danreabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah hipotesis dan uji linearitas dengan menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan adana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecanduan gadget siswa MTs Al-Ishlahiyah Binjai. Penelitian ini memberikan maknabahwa melalui layanan bimbingan kelompok siswa dapat mengetahui bagaimana kecandua gadget baik yang diamati atau dialami oleh siswa. Kesimpulan dibuktikan melalui hasil perhitungan hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besardari nilai rtabel yaitu 0,42 ≥ 0,227 yang dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang ditegakkan oleh peneliti telah teruji kebenarannya. Kata kunci : Bimbingan kelompok, Kecanduan gadget