Hubungan pendidikan agama dalam keluarga dan kecerdasan emosi terhadap perkembangan jiwa beragama anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan
Main Author: | Murni, Seri |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/2928/1/Tesis%20Seri%20Murni.pdf http://repository.uinsu.ac.id/2928/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan yang terletak di Jl. Willem Iskandar No. 7-C Medan pada semester Ganjil. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 yang berjumlah 360 orang dan ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Harry King, sehingga diperoleh 177 orang siswa.Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui angket pada semester 1 (ganjil). Uji validitas yang dilakukan dengan analisis butir angket dengan rumusan korelasi product moment regresi ganda dan uji reliabilitas angket digunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi persial dan korelasi ganda pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara pendidikan agama dalam keluarga dengan perkembangan jiwa beragama anak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan r=0,330. Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kecerdasan Emosi dengan Perkembangan Jiwa Beragama Anak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan r=0,354. Terdapat hubungan yang positif secara bersama-sama antara Pendidikan Agama Dalam Keluarga dan Kecerdasan Emosi dengan Perkembangan Jiwa Beragama Anak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan persamaan regresi