Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran Agama Islam aspek figih pada materi penyelenggaraan jenazah di kelas XI Unggul Idi, Provinsi Aceh. Adapun tujuan secara spesifik adalah untuk mencapai tujuan: (1) perbaikan perilaku belajar siswa dalam penerapan media VCD, (2) meningkatkan kemampuan siswa pada materi penyelenggaraan jenazah dan (3) menumbuhkan respon positif siswa terhadap peningkatan kemampuan melalui media VCD pada materi penyelenggaraan jenazah di kelas XI Unggul SMA Negeri 1 Idi. Penelitian tindakan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 02 Maret 2010 sampai dengan 23 Maret 2010. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Idi, Jalan Medan – Banda Aceh, Desa Tanoh Anoe, Kecamatan Idi Rayeuk, Kab. Aceh Timur.. Subjek penelitian berjumlah 20 orang terdiri 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 3 (tiga) siklus, empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan menggunakan media VCD. Pengumpulan dokumen dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap aktivitas siswa dalam memperlihatkan kemampuannya melalui keterampilan penyelenggaraan jenazah secara kelompok, disamping itu juga kemampuan kognitif siswa diketahui melalui hasil tes. Sementara kuesioner digunakan untuk mengumpulkan dokumen respon siswa terhadap media VCD yang diterapkan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik deskripsi dan data kualitatif dengan analisis pengamatan. Semua kegiatan pembelajaran siswa dicatat kemudian dianalisis. Hasil penelitian diperoleh (1) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran media VCD menunjukkan bahwa siswa mampu memperlihatkan peragaan penyelenggaraan jenazah dengan baik setelah menerima materi dari guru melalui media VCD. (2) Kemampuan siswa dalam materi penyelenggaraan jenazah terjadi peningkatan antara satu siklus ke siklus lainnya. Pada siklus I, hanya 3 orang atau sekitar 15 % siswa yang tidak mampu memahami pembelajaran. Pada siklus II dan siklus III terjadi peningkatan, tercatat semua siswa memenuhi ketuntasan. Peningkatan memuncak terjadi pada siklus III, semua siswa tuntas dalam belajar dengan hasil sangat kompeten 50 %, dan 50 % kompeten. (3) secara umum respon siswa sangat positif dan siswa sangat senang mengikuti pembelajaran melalui media VCD.