ctrlnum 231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/231/</relation><title>Hubungan Persepsi Guru Terhadap Supervisi Dan Koordinasi Tugas Kepala Madrasah Dengan Efektivitas Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten &#xD; Langkat</title><creator>M. Hasbullah, M. Hasbullah</creator><subject>2X7.3 Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Langkat berjumlah 200 orang pada tahun 2011. Sample penelitian ini ditetapkan sejumlah 132 orang guru berdasarkan tabel Krejcie Morgan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling (acak sederhana). &#xD; Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada Pembimbing Tesis, selanjutnya diuji cobakan kepada responden yang bukan sample penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X1 terdiri dari 30 butir seluruhnya valid, variabel X2 terdiri dari 24 butir seluruhnya valid serta variabel variabel Y terdiri dari 21 butir seluruhnya valid. Uji persyaratan analisis data variabel X1, X2 diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas, ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga linier dengan nilai p &lt; 0,05&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa;&#xD; Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap supervisi kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru terhadap supervisi kepala madrasah maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dengan Y sebesar 0,172 dan determinasi X1 terhadap Y = 3,0 %.&#xD; Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap koordinasi tugas kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi guru terhadap koordinasi tugas kepala madrasah, maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X2 dengan Y sebesar 0,441 dan determinasi X2 terhadap Y = 0,194.&#xD; Ketiga, Terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah secara bersama-sama, maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar 0.453. dan determinasi X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y = 20,5 %.</description><date>2011</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/3/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/7/BAB%20IV%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/231/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> M. Hasbullah, M. Hasbullah (2011) Hubungan Persepsi Guru Terhadap Supervisi Dan Koordinasi Tugas Kepala Madrasah Dengan Efektivitas Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M. Hasbullah, M. Hasbullah
title Hubungan Persepsi Guru Terhadap Supervisi Dan Koordinasi Tugas Kepala Madrasah Dengan Efektivitas Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat
publishDate 2011
topic 2X7.3 Pendidikan Islam
url http://repository.uinsu.ac.id/231/1/Cover.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/4/BAB%20I.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/5/BAB%20II.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/6/BAB%20III.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/7/BAB%20IV%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/8/BAB%20V.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/231/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Langkat berjumlah 200 orang pada tahun 2011. Sample penelitian ini ditetapkan sejumlah 132 orang guru berdasarkan tabel Krejcie Morgan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling (acak sederhana). Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada Pembimbing Tesis, selanjutnya diuji cobakan kepada responden yang bukan sample penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X1 terdiri dari 30 butir seluruhnya valid, variabel X2 terdiri dari 24 butir seluruhnya valid serta variabel variabel Y terdiri dari 21 butir seluruhnya valid. Uji persyaratan analisis data variabel X1, X2 diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas, ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga linier dengan nilai p < 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap supervisi kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru terhadap supervisi kepala madrasah maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dengan Y sebesar 0,172 dan determinasi X1 terhadap Y = 3,0 %. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap koordinasi tugas kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi guru terhadap koordinasi tugas kepala madrasah, maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X2 dengan Y sebesar 0,441 dan determinasi X2 terhadap Y = 0,194. Ketiga, Terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah secara bersama-sama, maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar 0.453. dan determinasi X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y = 20,5 %.
id IOS2781.231
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2016-10-07T00:48:16Z
last_indexed 2016-11-14T01:22:12Z
recordtype dc
_version_ 1765850838332342272
score 17.538404