أنواع مناهج (المقرر الدراسي) تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها (Anwa’ manahij [Al-muqarrar Al-dirasiy] ta’lÎm Al-lughah Al-‘arabiyah Li ghair Al-nathiqina biha)

Main Author: Nasution, Sahkholid
Format: Book PeerReviewed
Terbitan: UMPress , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/2104/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Didalam silabus pembelajaran bahasa Arab terdapat tema-tema pokok yang sekaligus mencerminkan jenis pendekatan yang dipakai penulisnya. Tema-tema pokok tersebut kemudian akan tertuang di dalam daftar isi buku ajar bahasa Arab. Masalah yang muncul adalah sering terjadi ketidakrelevanan antara keinginan guru dan atau murid untuk mengajarkan dan atau menguasai keterampilan bahasa tertentu dengan buku ajar yang dipakai, Hal ini bisa jadi disebabkan ketidaktahuan pengguna buku ajar bahasa Arab tersebut. Misalnya ingin menguasai maharah kalam, tetapi buku ajar yang dipakai berbasis nahwu, sehingga tujuan yang ingin diperolah tidak tercapai secara maksimal. Tulisan ini ingin mengetengahkan jenis-jenis silabus (tema-tema pokok) dalam buku pembelajaran bahasa Arab, sehingga diharapkan mampu menjadi pedoman bagi pelajar dan pebelajar bahasa Arab untuk menentukan buku ajar yang ingin dipakainya dan relevan dengan tujuan/kemahiran yang ingin dicapai/dikuasanya. Metodologi yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Diantara kesimpulannya adalah ada empat jenis silabus; nahwiy, mawaqif, fikrah dan muta’ddi al-ab’ad.