Pengaruh media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MAN Lhokseumawe

Main Author: Aisyah, Siti
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/2023/1/PENGARUH%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20DAN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/2023/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang positif media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MAN Lhokseumawe, (2) pengaruh yang positif kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MAN Lhokseumawe, (3) pengaruh yang positif media pembelajaran dan kemampuan awal siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MAN Lhoksemawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasi inferensial. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian adalah angket model skala Likert, tes dan dokumen hasil belajar bahasa Arab siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Lhokseumawe TP 2009/2010 yang berjumlah 72 orang. Temuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Pertama, media pembelajaran memiliki pengaruh yang positif dengan hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe (ry.1 = 0,472) pada taraf  = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa jika pemanfaatan media pembelajaran cenderung baik maka akan baik pula hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe, demikian pula sebaliknya. Hasil koefisien determinasi (r2y1 = 0,223) dapat diartikan bahwa 22,3% variabel hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe dapat dijelaskan oleh variabel media pembelajaran. Kedua, kemampuan awal siswa memiliki pengaruh yang positif dengan hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe (ry.2 = 0,621) pada taraf  = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa jika kemampuan awal siswa cenderung baik maka akan baik pula hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe, demikian pula sebaliknya. Hasil koefisien determinasi (r2y2 = 0,386) dapat diartikan bahwa 38,6% variabel hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe dapat dijelaskan oleh variabel kemampuan awal siswa. Ketiga, media pembelajaran dan kemampuan awal siswa memiliki pengaruh yang positif secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe (ry.12 = 0,643) pada taraf  = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa jika media pembelajaran dan kemampuan awal siswa cenderung baik maka akan baik pula hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe, demikian pula sebaliknya. Hasil koefisien determinasi (r2y12 = 0,413) dapat diartikan bahwa 41,3% variabel hasil belajar bahasa Arab siswa di MAN Lhokseumawe dapat dijelaskan oleh variabel media pembelajaran dan kemampuan awal siswa.