Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam materi tarikh perkembangan Islam di Indonesia melalui strategi kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas XII IPS-1 SMA Negeri I UKUI

Main Author: Agustami, Agustami
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/2008/1/Tesis%20Agustami.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/2008/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dalam rangka mengupayakan peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta respon senang peserta didik belajar pada materi tarikh perkembangan Islam di Indonesia melalui strategi kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian berlokasi di SMA Negeri I Ukui dengan subyek penelitian kelas XII IPS1 yang terdiri dua lima peserta didik. Penelitian dilaksanakan tanggal 30 Juli sampai 3 September 2009, menggunakan pendekatan kualitatif dan perolehan data dari guru, pengamat dan peserta didik. Penelitian terdiri dari tiga tahap siklus. Setiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Aktivitas belajar peserta didik pratindakan masih metode konvensional skor 111 (27,75%), menggunakan strategi kooperatif tipe Jigsaw siklus I meningkat skor 173 (43,25%), siklus II skor 252 (63%) dan siklus III skor 322 (80.5%). 2. Hasil belajar peserta didik pratindakan menuntaskan 1 peserta didik (4%), siklus I meningkat 12 peserta didik (48%), siklus II 17 peserta didik (68%) dan siklus III 23 peserta didik (92%). 3. Respon senang peserta didik belajar dengan menyatakan sangat setuju dan setuju mencapai 91,6%.