Penerapan strategi active learning untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca Alquran pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Samudera Kabupaten Aceh Utara

Main Author: Rohana, Rohana
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1993/1/Tesis%20Rohana.docx
http://repository.uinsu.ac.id/1993/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas dilaksanakan guna memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X-2 SMA Negeri 1 Samudera pada materi Alquran, dengan tujuan khusus untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa; (2) meningkatkan hasil belajar siswa; (3) meningkatkan keterampilan membaca Alquran; (4) mengetahui aktivitas mengajar guru selama proses pembelajaran berlangsung; (5) menumbuhkan respon positif siswa terhadap penerapan strategi active learning. Subjek penelitian adalah 46 orang siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Samudera Kabupaten Aceh Utara tahun pelajaran 2009/2010. Tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 1 (satu) kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, respon siswa dan wawancara. Hasil temuan penelitian menginformasikan bahwa sebelum penerapan strategi active learning pada materi Alquran, motivasi belajar siswa masih rendah (71%). Setelah diterapkan strategi active learning motivasi belajar siswa sudah meningkat, pada siklus I 78%, siklus II 82%, dan siklus III 87%. Hasil belajar diperoleh: (1) kegiatan pra tindakan 70% tuntas dan tidak tuntas 33%; (2) siklus I mencapai 74% tuntas dan 26% tidak tuntas; (3) siklus II mencapai 80% tuntas dan 20% tidak tuntas; (4) siklus III mencapai 89%, tuntas dan 11% tidak tuntas. Keterampilan membaca Alquran juga tergolong rendah (69%). Setelah diterapkan strategi active learning keterampilan membaca Alquran sudah meningkat, pada siklus I 74%, siklus II 82%, dan siklus III 87%. Aktivitas mengajar guru terhadap penerapan strategi active learning pada materi Alquran sudah baik (90%), dan respon siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Samudera terhadap strategi active learning dalam pembelajaran materi Alquran termasuk katagori sangat positif (3,5).