Implementasi manajemen sarana prasarana di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan

Main Author: Hasibuan, Ahmad Sayuti
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1947/1/Tesis%20Sayuti%20HSB.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1947/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/penerapan, pengawasan dan evaluasi dalam mengungkapkan implementasi manajemen sarana prasarana di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala madrasah bidang sarana prasarana, Kepala Tata Usaha, Guru bidang studi. Untuk mencapai tujuan penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan data lapangan dan analisis penelitian, ditemukan manajemen sarana prasarana di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, sebagai berikut: (1) Perencanaan sarana prasarana dilakukan melalui penyusunan draf dan dimusyawarah pada rapat dewan guru. Perencanaan sarana prasarana kepala madrasah bekerjsama dengan wakil kepala madrasah bidang sarana prasarana dan seluruh komponen madrasah untuk menentukan kebutuhan madrasah. (2) Pengorganisasian sarana prasarana dilakukan melalui menetapkan penanggungjawab ruangan dan membuat uraian tugas masing-masing. Pengorganisasian ini dikerjakan oleh tim penanggungjawab ruangan dalam mempersiapkan rancangan sarana prasarana yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran. (3) Pelaksanaan sarana prasarana dilakukan melalui menyusun jadwal penerapan/penggunaan. Kemudian memberikan arahan agar saling menjaga dan memelihara agar sarana prasarana tetap dalam kondisi siap pakai. (4) Pengawasan sarana prasarana dilakukan secara bersama-sama kepala dengan personel madrasah lain, untuk menentukan kondisi yang esensial yang akan menjamin tercapainya tujuan pendidikan. (5) Evaluasi sarana dan prasarana dilakukan untuk mengukur sampai dimana hasil tujuan pendidikan itu telah tercapai. Hal-hal yang akan dievalausi adalah proses sarana prasarana meliputi perencanaan pengadaan, pendistribusian, pemakaian, pemeliharaan, penginventarisasian dan penghapusan.