Pengaruh strategi kontekstual learning (Ctl) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Alquran SMA Swasta Al-Ulum Medan

Main Author: Minelli, Liza
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1877/1/CD%20TESIS%20LIZA%20MINELLI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1877/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Alquran siswa yang di ajarkan dengan Strategi Kontekstual Learning (CTL) dengan hasil pembelajaran Alquran yang diajarkan dengan pembelajaran Ekspositori di SMA Al-Ulum Medan. Kedua, untuk mengetahui hasil belajar Alquran yang diajarkan dengan Strategi kontekstual learning motivasi tinggi dan hasil belajar Alquran yang diajarkan dengan pembelajaran Ekspositori dan motivasi tinggi di SMA Al-Ulum Medan. Ketiga, untuk mengetahui Pengaruh Strategi kontekstual learning dan motivasi siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam materi Alquran di SMA Al-Ulum Medan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa di SMA Al-Ulum Medan, Sedangkan sampel dari penelitian ini berjumlah 80 orang siswa SMA Al-Ulum. Data penelitian ini dijaring melalui angket dan tes. Teknik penulisan data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan teknik statistik regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa: Pertama, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar Alquran yang di ajarkan dengan strategi kontekstual learning (X =22,625) lebih tinggi daripada hasil belajar Alquran yang diajarkan dengan pembelajarann Ekspositori (X =20,475). Hal ini menunjukkan bahwa Strategi Kontekstual Learning (CTL) terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Alquran. Kedua, rata- rata hasil belajar materi Alquran yang diajarkan dengan strategi kontekstual learning motivasi belajar tinggi (X =74,412) lebih tinggi daripada hasil belajar Alquran yang diajarkan dengan strategi ekspositori dengan motivasi belajar tinggi (X =69,4). Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam strategi kontekstual learning (CTL) terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar materi Alquran siswa. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi kontekstual learning dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar PAI materi Alquran SMA Al- Ulum Medan yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,404.